√ Mengapa Kita Kecanduan Smartphone? - Dinesia | Warna - Warni Generasi dan Sosial Nusantara
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa Kita Kecanduan Smartphone?

Mengapa Kita Kecanduan Smartphone? 




Mengapa Smartphone sangat mempengaruhi tingkah laku dan pola hidup kita? 


Seakan melekat bak ditempel perekat, hambar terasa bagai masakan tanpa garam. 


Zaman dahulu handphone atau biasa disebut HP, digunakan manusia untuk berkomunikasi dua arah sebagai alat alternatif dari sebuah telepon. 

Seiring perkembangan nya, handphone atau HP makin marak beredar di pasaran. Beragam pilihan, aplikasi serta fitur tersemat di dalamnya. 


Semakin meningkat perubahan teknologi, membuat peran Handphone atau HP perlahan tersingkirkan dan tergantikan oleh Smartphone

Fungsi Smartphone tak hanya sekadar sebuah alat komunikasi dua arah saja, akan tetapi beberapa pembaharuan serta fungsi fitur yang tak dapat ditemukan pada sebuah feature phone atau handphone telah disematkan pada perangkat ini. Mulai dari fitur yang paling umum dan wajib dijumpai seperti Kamera, Pemutar Video, Album Foto, serta besarnya kapasitas media penyimpanan. Semua itu seakan perlahan juga menggantikan fungsi sebuah komputer dan ditambah dengan dihadirkannya fasilitas internet pada ponsel pintar. 


Kehadiran internet pada ponsel mulai mempermudah pengguna dalam melakukan segala hal, terutama dalam hal informasi. 

Kemudahan memperoleh sebuah informasi dari internet, serta didukung beberapa aplikasi seperti E-mail dan Web browser membuat ponsel kian membantu dan dapat disandingkan pada peran asisten sebuah Komputer. 


Fitur komunikasi pada perangkat ponsel seperti halnya Short Message Service (SMS) serta Telpon, yang umumnya sering digunakan sebagai peralatan wajib dalam berkomunikasi juga perlahan tersingkir oleh peran aplikasi pada perangkat ponsel pintar. 


Kian marak dibuatnya berbagai aplikasi-aplikasi pendukung pada ponsel pintar yang terintegrasi dengan sistem mobilitas sebuah perangkat smartphone, semakin memaksimalkan fungsionalitas sebuah ponsel pintar. 


Seperti sekarang ini, banyak beredar aplikasi bermunculan dengan menyajikan berbagai fungsi dan fitur canggih yang mewarnai trendsetter sebuah smartphone di pasaran. Seperti halnya Tiktok, Smule, Instagram, Bigo aplikasi-aplikasi yang bisa membuat konten broadcasting dan dapat membantu para pengguna dalam membuat konten-konten menarik. 

Belum lagi di sisi lain peran serta aplikasi dalam hal komunikasi, terciptalah aplikasi-aplikasi instant messaging yang perlahan menggantikan SMS. 


WhatsApp, yang kini merajai pangsa pasar aplikasi instant messenger. Dengan user experience yang dihadirkan nya, membuat WhatsApp yang dahulu kita temui pada sebuah brand ponsel Nokia. Sekarang aplikasi ini dapat dipasang pada semua perangkat ponsel pintar. 

Kemudahan dalam berkirim pesan, membuat WhatsApp menjadi aplikasi wajib terpasang pada sebuah ponsel pintar. 


Lambat laun, semua orang beralih pada perangkat ponsel pintar. Dengan alasan, ponsel telah memberikan semua manfaat serta fasilitas-fasilitas perangkat yang dilebur menjadi satu. 


"Lantas mengapa kita kecanduan pada Smartphone?, "

Setiap detik tak lepas dari genggaman Smartphone. Seakan menjadi ketergantungan tanpa kita sadari jika sehari tanpa sebuah ponsel pintar. 


Ada beberapa faktor yang memengaruhi ketergantungan kita pada sebuah ponsel pintar, terlebih lagi anak-anak, serta remaja dan kaum millenial tak lepas dari perangkat Gadget. Alasan yang paling utama ialah karena kini Gadget menyajikan berbagai fitur-fitur aplikasi mobile yang memudahkan dalam satu perangkat. Salah contohnya adalah 'Game', dahulu game dengan tampilan grafis terbaik hanya bisa dimainkan pada perangkat Konsol Game, kini semua itu dapat dengan mudah dimainkan hanya pada sebuah perangkat ponsel pintar. 


Kehadiran berbagai aplikasi Game pada Smartphone menjadi puncak kesuksesan industri game, terutama game online. Para developer berbondong-bondong menciptakan berbagai inovasi video game berbasis mobile yang dapat dinikmati pengguna Smartphone.

Dari anak-anak sampai sampai dewasa pun kiat candu dalam bermain game. 


Selain game, faktor paling umum adalah seakan tidak dapat dipisahkan dari media sosial. Platform digital media sosial sangat memengaruhi dan mengubah pola prilaku pengguna Smartphone atas segala kebiasaan-kebiasan maupun kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya dalam sekadar menunggu dan membalas notifikasi chat pesan masuk. Dan yang lebih parah lagi jika ponsel sudah menjadi kebiasaan, tanpa disadari kita menjadi lupa waktu hanya untuk bolak balik scroll-scroll postingan sosial media tanpa ada tujuan yang jelas. 


Terakhir, semua kebiasaan itu seakan menjadi kecemasan mendalam para pengguna smartphone, ketika lepas dari genggaman walau hanya jeda sehari saja. Ini dikarenakan rasa cemas yang dialami tak lepas dari beberapa kepentingan personal dalam penggunaan sebuah smartphone. 


"Share jika Artikel ini bermanfaat salam sosial Dinesia.web.id,"

Get notifications from this blog